Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Deteksi Kehamilan Tanpa Test Pack, Bisa Pakai Pita?

Cara Deteksi Kehamilan Tanpa Test pack, Bisa Pakai Pita?
Katak sebagai cara mendeteksi kehamilan tanpa test pack / pexels

KUPUKU.COMPernah gak tiba-tiba kamu kepikiran hal-hal random kayak siapa yang menciptakan alphabet, Gimana awalnya bahasa bisa dimengerti banyak orang atau bahkan bagaimana orang jaman dulu bisa mendeteksi kehamilan tanpa adanya testpack. 

Meski bukan hal yang terlalu penting namun jika tidak menemukan jawabannya kamu bisa penasaran sendiri. Maka dari itu pembahasan kali ini adalah seputaran fakta tentang cara orang dahulu mendeteksi kehamilan dan apakah masih relevan digunakan jaman sekarang? 

Ya, walaupun bisa digunakan rasanya kamu mungkin juga akan malas memakainya jika sudah ada si praktis testpack. Untuk dijadikan wawasan saja, mari kita ketahui macam-macam caranya. 

1. Menggunakan Katak

Wah apa hubungannya katak dengan hamil? Ternyata ada hubungannya bahkan orang-orang seabad silam sampai ramai-ramai ekspor katak untuk mendeteksi kehamilan.

Namun katak pendeteksi ini bukan sembarang katak, lebih tepatnya jenis katak yang berasal dari afrika selatan bernama ilmiah Xenopus laevis betina. 

Eksperimen ini diawali oleh seorang bernama Lancelot Hogben di tahun 1930an. Beliau ini mengetes si katak Xenopus Laevis betina dengan air kencing wanita yang dicurigai hamil, jika setelah 5-12 jam kaki katak yang ditetesi air kencing bertelur artinya wanita itu hamil jika katak tidak bertelur berarti coba lagi program hamilnya, anda belum berhasil. 

Hal itu diyakini karena urin wanita hamil dipercaya dapat memicu ovulasi pada katak. Wah unik juga ya, apakah kamu ingin mencobanya? 


2. Menggunakan Biji Gandum

Kali ini terjadi di Mesir kuno pada tahun 1350 M. Para wanita dijaman itu jika ingin mengetahui status kehamilannya harus mengencingi biji gandum. 

Nah, yang lebih menakjubkan bukan hanya bisa mendeteksi kehamilan, biji gandum ini dipercaya bisa mengetahui jenis kelamin janin, wah kok jadi lebih canggih dari testpack ya. 

Karena jika biji gandum yang telah dikencingi tumbuh maka dia hamil anak perempuan dan jika biji gandum muncul jelai berarti dia mengandung anak laki-laki namun jika biji gandum tidak tumbuh ataupun tidak muncul jelai artinya sama dengan garis satu alias tidak hamil. 

Dan ternyata setelah diteliti ulang oleh NIH History cara kencing di biji gandum ini memiliki keakuratan 70% loh, walaupun belum bisa mengalahkan keakuratan testpack tapi kalau kamu penasaran silahkan dicoba saja. 


3. Mencium Pita

Cara mencium pita ini pernah ngetrend juga loh dikalangan dokter abad ke 17. Pita yang dimaksud itu pita yang sudah dicelupkan kedalam pot yang sudah di beri air kencing wanita yang ingin dideteksi kehamilannya. 

Nah, Saat pita sudah diangkat kamu bisa mencium-cium pita tersebut, Jika kamu mual setelah menciumnya artinya kamu normal… eh maksudnya kamu hamil. Namun apakah akurat atau tidak cara ini mungkin bisa diteliti kembali.