Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mencerdaskan Anak Sedari Kandungan, Lakukan Hal Ini Saat Hamil

Cara yang mencerdaskan anak sedari hamil / pexels

KUPUKU.COM - Saat Bunda sedang hamil itu adalah proses yang paling optimal untuk pembentukan otak, organ tubuh maupun ekstremitas pada bayi. Ternyata bayi bisa dilatih loh kecerdasannya sejak dalam kandungan. Terus gimana cara melatih kecerdasan bayi dalam kandungan? 

Rahim adalah tempat bermain sensorik bagi janin, sejak usia 10 minggu janin sudah bisa menggeliat dan menggerakkan anggota badannya, bahkan ketika janin berusia 23 Minggu sudah bisa belajar dan merasakan emosi maupun keadaan sekitar lingkungannya. 

Janin saat kandungan memasuki trimester kedua dipercaya bisa menerima maupun menghafalkan rangsangan sensorik yang diberikan pada Bunda. 

Menjelang akhir trimester kedua janin bisa mendengarkan detak jantung Bunda, bunyi aliran darah mau sentuhan dari Bunda ketika menyentuh perut. 

Pada trimester inilah cara yang paling bagus untuk melatih kecerdasan bayi untuk itu beberapa cara dibawah ini dapat dilakukan. 


1. Mendengarkan Musik

Kalian bisa menyetelkan musik-musik klasik yang bisa merangsang pertumbuhan otak lebih maksimal seperti musik Mozart.  

Ketika di USG janin yang mendengarkan musik jantungnya lebih normal, bisa membuka menutup kan mata dan menggerak-gerakkan tangan sebagai reaksi dia menikmati musik tersebut. 

Selain musik kalian bisa mengelus-elus perut sambil mengajaknya berbicara untuk meningkatkan hubungan emosional antara Bunda dan bayi. 


2. Pengaruh makanan

Makanan yang kalian makan itu sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan janin. Bunda hamil sangat disarankan untuk memakan makanan yang bergizi tinggi untuk meningkatkan nutrisi pada janin. 

Jika kalian ingin anak kalian pintar banyak-banyaklah makan ikan yang mengandung zat omega-3 dan omega-6 tinggi. Jika ingin anak kalian lahir tinggi maksimal banyak-banyaklah minum susu yang mengandung kalsium maupun zat besi untuk pertumbuhan ekstremitas nya. 

Jika kalian ingin punya anak yang kulitnya bersih mulus perbanyaklah makan buah yang mengandung vitamin E maupun vitamin C agar nutrisi kulit pada janin tercukupi. 


3. Emosi Bunda

Emosi maupun cara berpikir Bunda hamil juga berpengaruh pada janin. Jadi kalau Bunda hamilnya gampang stres ada masalah sering nangis terus emosinya gak stabil Janin bisa merasakan hal tersebut dan akan mempengaruhi pertumbuhannya. 

Makanya Bunda hamil sangat disarankan untuk menjaga emosi mereka agar tidak stres dan sedih. jadi Bunda harus happy terus-menerus agar janin dalam kandungan juga merasakan happy. 


3. Bunda yang belajar

Cara paling efektif untuk meningkatkan kecerdasan bayi dalam kandungan adalah dengan Bunda tetap aktif belajar menggunakan otak dan beraktivitas secara normal. 

Bunda hamil malah disarankan untuk terus belajar sering baca buku, hitungan matematika, ilmu pengetahuan, belajar bahasa Inggris, melakukan segala macam aktivitas yang bisa meningkatkan kecerdasannya karena ternyata informasi yang diserap oleh Bunda dapat menuju ke otak janin. 

Misalnya saat hamil Bundanya belajar masalah obat-obatan itu bisa merangsang pertumbuhan janin agar ketika besar lebih mudah menerima ilmu tentang obat-obatan dan kedokteran. 

Atau Bundanya suka melukis selama hamil bisa mendorong anak untuk menyukai seni juga seperti Bundanya saat hamil. Jadi ketika Hamil kalian sangat disarankan untuk tetap beraktivitas secara maksimal dan menggunakan otak kiri atau otak kanan kalian agar memaksimalkan perkembangan otak janin. ***